Cara Mudah Merawat Batu Akik

8:29 PM
CuriCara.com - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai informasi yang unik dan menarik untuk kita bahas bersama. Informasi kali ini akan membahas mengenai Cara mudah Merawat Batu Akik. Bagi para penggemar batu mulia dan aksesoris mungkin batu akik ini sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Batu akik merupakan suatu perhiasan, batu akik ini sama dengan batu mulia lainnya yang memerlukan perwatan dan perlakuan khusus supaya tetap awet dan tetap terlihat berkilau seperti baru. Batu akik sangat rentan sekali terhadap goresan atau lainnya, sehinggal hal ini dapat merusak batu akik dan menurunkan harga jual.
Cara Mudah Merawat Batu Akik

Batu akik ini memiliki harga yang bervariasi dari yang murah sampe yang mahal dengan harga jutaan rupiah. Sebenarnya batu akik merupakan aksesoris namun orang di Indonsia selalu mengaitkannya dengan hal-hal yang berbau mistis oleh pemiliknya, entah memang benar adanya ataukah mungkin cuman sekedar untuk menakut-nakuti supaya batu akik mereka tidak disentuh orang lain supaya tidak rusak. Sungguh hal yang berlebihan bila seperti itu menakut-nakuti orang,lebih baik gunakan cara dibawah ini dalam merawat batu akik. 

Cara mudah Merawat Batu Akik

1. Membersihkan Batu Akik
Membersihkan batu akik merupakan hal yang penting dan mendasar, terlebih lagi bila kita selalu memakainya. Cobalah rendam batu akik anda dalam air hangat yang dicampur dengan sedikit deterjen, rendam sekitar 10 menit, gunakan sikat yang lembut lalu gosok secara perlahan, lalu bersihkan pada air yang mengalir seperti air kran, setelah semua selesai keringkan dengan kain yang lembut dan usaplah secara perlahan.

2. Menyimpan Batu Akik

Penyimpanan merupakan kunci utama awetnya batu akik anda, simpanlah batu akik pada tempat yang lembut dan empuk seperti wadah cincin. Usahakan menyimpannya secara terpisah dengan aksesoris yang lain supaya tidak bersentuhan agar batu akik tidak tergores.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung Dan Suhu Panas

Perubahan suhu yang mendadak seperti dari panas ke dingin atau dari kering ke lembap dapat menyebabkan batu akik retak, selain itu hindari pula kontak dengan sinar matahari langsung karena dapat membuat warna batu akik memudar.

4. Hindari Semprotan Parfum
Pakailah parfum atau kosmetik lainnya sebelum menggunakan batu akik untuk menghindari kontak langsung dengan batu akik karena hal ini dapat menjadikanya rusak.

5. Jangan di Bawa ke Tempat Renang
Ketika anda akan berenang, sebaiknya lepas dulu batu akik anda. Sebab, air kolam rengan biasanya mengandung klorin yang bisa menyebabkan discoloring dan perubahan struktur perhiasan sehingga dapat merusak batu akik.

Baca Juga :
Itulah tadi beberapa tips mengenai perawatan aksesoris batu akik yang dapat membuat batu akik kita awet dan tahan lama. Rupanya artikel mengenai Cara mudah Merawat Batu Akik ini saya cukupkan sekian. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua sahabat CuriCara.com

2 komentar

katanya batu ini ada rohnya ya ? bener gak sih ?

hehe emang mitosnya sebagian cincin katanya ada isinya mas,

-Dilarang Spam
-Berkomentarlah dengan relevan
-Diharapkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan
-Link hidup akan di hapus
-Budayakan berkomentar setelah membaca artikel
-Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya