6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

8:05 PM
CuriCara.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan. Terkadang kita sering dibuat pusing dengan tingkah dan perilaku anak kita, yang nakal dan sering berbuat hal yang tidak baik. Memiliki anak seperti itu perlu perhatian yang khusus supaya anak tidak berlarut-larut dalam kenakalannya, namun kebanyakan orang tua yang mendidik anak adalah dengan kekerasan dan amarah. Perlu kita ketahui bahwa cara seperti itu tidak di anjurkan dan salah besar, mendidik anak harus dengan penuh rasa kasih sayang yang tulus supaya anak bisa memahami dan mengerti apa yang kita ucapkan.

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

Sering kita melihat, korban kekerasan pada anak dibawah umur. Sebenarnya itu adalah suatu akibat dari salahnya cara mendidik anak. Coba kita renungkan kembali, jika orang berbicara kepada kita dengan marah-marah apa yang kita rasakan ? Tentu kita akan sulit memahaminya, tapi berbeda jika kita berbicara dengan orang yang lembut dan ramah, kata-katanya akan sangat mudah kita pahami. Begitu pula dengan mendidik anak, oleh karena itu dibawah ini ada beberapa cara untuk mendidik anak tanpa kekerasan.

Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan

 1  Berbicara Halus Tapi Tegas
Ada baiknya kita mengajarkan anak kita hal yang baik sedari dini, dengan begitu anak akan terbiasa sampai mereka tumbuh dewasa. Sampaikanlah pepatah dengan kata yang halus dan lemah lembut, anak akan merasa lebih nyaman jika berbicara seperti itu sehingga mereka akan mudah memahami apa yang kita sampaikan.

 2  Menenangkan Diri
Ketika anak kita nakal dan membuat kita marah, cobalah kendalikan dan tenangkan diri kita. Jangan membuat anak kita takut dengan memukulnya, karena kekerasan dapat membuat anak berfikir bahwa kita tidak menyayanginya, sehingga apa yang kita ucapkan akan sia-sia karena anak tidak akan memperhatikan ucapan anda. Mereka akan merasa untuk apa memperhatikan orang yang tidak menyayangi mereka.

 3  Beri Anak Hukuman
Supaya anak jera ketika melakukan pelanggaran, disamping menasehati ada baiknya juga kita memberi mereka hukuman. Namun, lakukan yang masih dalam batas wajar dan bermanusiawi misalnya dengan memotong uang jajannya, tidak akan membelikan mainan lagi, menyuruhnya membersihkan rumah dan lainny. Dengan hukuman, anak akan berfikir lagi jika akan melakukan pelanggaran.

 4  Jangan Memicu Konflik
Ketika anak membantah dan sulit mendengarkan kita, sebaiknya kita jangan terus mendesak mereka untuk mengakui kesalahannya. Cobalah tenangkan diri, kita bisa pergi meninggalkan anak yang sedang nakal menuju kamar sambil berkata " mama tidak akan bicara dengan kamu, sebelum kamu ketuk pintu kamar dan meminta maaf atas perkataan kamu tadi". Cara ini cukup ampuh membuat anak luluh.

 5  Beri Tahu Apa Yang Akan Kita Lakukan
Seringkali kita menyuruh anak ketika mereka sedang asyik bermain, lalu anak pasti akan merengek ketika disuruh. Ada baiknya kita beritahu anak sebelumnya seperti "mainnya jangan lama-lama ya, cepat pulang nanti beliin mama kue diwarung". Itu akan membuat anak merasa nyaman karena mereka sudah tau apa yang akan mereka lakukan.

 6 Jangan Terlalu Sibuk
Anak membutuhkan perhatian dari kita selaku orang tuanya, meskipun semua kebutuhan anak terpenuhi tapi yang mereka inginkan adalah satu yaitu perhatian dari orang tuanya.

Baca Juga :
Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat
Itulah beberapa tips untuk mendidik anak, cara mendidik yang baik akan membuat anak kita menjadi pribadi yang baik dan disiplin. Rupanya informasi mengenai Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Kekerasan dicukupkan sekian. Semoga informasi dari saya tadi dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda sahabat setia CuriCara.com

-Dilarang Spam
-Berkomentarlah dengan relevan
-Diharapkan berkomentar menggunakan bahasa yang sopan
-Link hidup akan di hapus
-Budayakan berkomentar setelah membaca artikel
-Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya